Selasa, 25 Mei 2010

ASI & Manajemen ASI

Mau sharing mengenai ASI yahh dr cerita seorang teman yg berhasil ASI eksklusif

ASI itu diciptakan Allah dengan porsi masing masing sesuai kebutuhan anak yang dilahirin, di AL - Quran juga ada anjuran, susuilah anakmu sampai 2 tahun kemudian sapilah (bahkan penelitian di negeri hebat seperti UK and AS mengakui bahwa anak yang diberi ASI itu daya tahan tubuh dan kecerdasannya jauh melampaui anak2 yang gak dapet ASI).

Bayi itu rentan terhadap diare dan pilek , karena suhu tubuh bayi sedang menyesuaikan diri dari temperature di dalam kandungan yang hangat tiba-tiba di dunia luar dingin/ panas banget, apalagi kalau mommy and daddy nya pake AC di bawah 26-27 C pasti kedinginan


GODAAN mommy bekerja yang NIAT BANGET KASIH ASI itu banyak banget, dari Lingkungan Keluarga yang gak mendukung sama sekali
Kadang kepikiran juga buat berhenti kerja karena qta sayang anak kan, tapi justru karena qta sayang anak juga qta harus bekerja, buat nabung kuliah, jalan2 ke luar negeri hehehehe Amiiiiin. Hari gini kebutuhan makin mahal kan ya ? Itu yang mendorongku masih kasih ASI karena untuk menebus rasa ‘bersalah’ mommy bekerja yang gak bisa mendampingi baby qta tiap menit + sekalian ibadah juga karena ikutin quran gitchu loh.

coz ngejalanin asi ekslusif itu jauuuuuuuh banget dari gampang alias butuh pengorbanan (ya waktu, tenaga, & perasaan). banyak banget kendala nya, cuma niat, kemauan keras, doa dan manajemen asi lah yang bisa membuat qta berhasil kasih yang terbaik buat anak qta lewat asi – walaupun qta mommy bekerja. nanti boe-iboe rasain sendiri deh begitu ngerasain sendiri manfaat asi ke baby qta.


Inti gini, (pengertiannya EKSLUSIF adalah hanya ASI saja, tanpa air putih, formula, apalagi Jeruk, apalagi pisang, walah-walah, ndak boleh dulu sebelum 6 bulan PAS). Kenapa? Karena ASI adalah makanan + minuman terbaik buat bayi samapi 6 bulan.

Segi Kesehatan : KEBAL, gak gampang sakit2an
Segi Finansial : MURAH (Gak usah beli formula)
Segi Kepraktisan : PRAKTIS (mau jalan2 ke mall, mau kemana pun, kalo baby nagis, tinggal nenen – oh iya jangan lupa ya, untuk mensterilkan putting kita yang kena gesekan bra atau pun benang2 halus bra, caranya Cuma, pencet putting kita dua kali sampai ASI keluar, lalu oleskan kesekitar payudara (tentunya dengan kondisi tangan udah di bersihin pake sabun n dikeringin, kalo gak ada alat pengering tangan, bisa dikeringin pake tissue Paseeo yang KASAR bukan, tissue biasa loh, karena bisa nempel2 gitu ditangan. Intinya diusahakan tangan qta steril deh kalo mau meres). Anggap aja nenen qta adalah pabrik susu yang juga harus dijaga hyginitas nya.

Segi Mental : Momen nyusuin jadi dekeeeeet banget, apalagi kalo dah 4 bulanan gitu, dia dah bisa natap qta sambil sesekali ketawa, trus nenen lagi seolah2 bilang, makasih bunda buat ASI, belaian, dan senandungnya, aduuuuh rasanya TOP banget deh. Hehehe

OK, untuk kasus boe – iboe yang udah kembali bekerja, tapi belum sempet stok ASI, dan baby dah kenal Formula, masih ada harapan buat dongrak ASI Ekslusif lagi nih hehehe + belum 100% didukung oleh keluarga untuk kasih ASI tok, semoga berhasil Cuma mimi cucu mommynya di bulan keempat sampai keenam , lebih bagus lagi diterusin sampai ASI habis walaupun Kayla dah makan makanan pendamping asi setelah 6 bulan (MP-ASI).


Nawaitu, doa, dan pantang menyerah
ASI itu INVESTASI KESEHATAN anak qta jangka panjang. Bayi yang selama 2 tahun disusui, pencernaannya lancar banget. Bayi yang minum banyak ASI, pasti pipis dan pup nya juga sering (pup anak asi itu kekuning2an, da nada butiran kaya butiran cabe nya gitu, kalo diare kan air semua yah, beda deh pokoknya). Jangan khawatir, bedanya anak ASI dan Formula adalah, kalo anak formula, feses nya agak padat, dan sehari pupnya gak sebanyak anak ASI. Kenapa? Karena kandungan di formula itu lebih sulit dicerna, jadinya anak lebih LAMA kenyang, lebih LAMA bobonya, kesannya GAK REWEL seperti anak ASI, padahal, secara gak sadar, karena keterbatasan informasi qta, QTA tuh sedang memaksa baby <6bulan yang pencernaannya belum matang dan sempurna, untuk mencerna susu sapi yang sangat tinggi protein dan kalsiumnya. Lambung dan ginjalnya dipaksa bekerja keras, kasihan kaaan. Kalo orang dewasa, banyak kalsium dan protein sih bagus, tapi kalo bayi enggak begitu.

1. Pompa nya harus yang OK
Hasil survey temen2 yg lolos ASI ternyata Kita musti punya 3 pompa – 2 Avent/Philips Manual dan 1 Medela Electric, kenapa ? Karena satu pompa gak cukup, biar selalu sterill setiap abis pompa, langsung cuci pake sleek (spons nya juga harus dibedain loh dari tempat cuci piring qta). Jadi, di kantor itu ada spons, panci buat rendem pompa yang udah dicuci, sleek, wah ribet deh. Akhirnya musti beli dengan pikiran ketiganya bisa aku pake di kantor semua, jadi yang kotor gak perlu aku cuci cuci lagi. MAHAL ? Iyalah, wong totalnya 1,5 juta aja hehehe. Tapiiiii setelah dihitung2 sampai 8 bulan saat ini, let’s say kalo 1 bulan aja qta beli formula 700rb x 8 = 5,6 juta aja kaaaaan, plus diformula gak ada zat antibody dan imun kayak di Asi, wah, 1,5 juta jadi keciiiiiiiiiil lah.
Saranku beli Avent satu aja, kan dah punya core 2 buah kan. Jangan beli Medela, walaupn di rumah sakit seperti Asih nyaranin, percaya deh itu Cuma sponsor aja, karena, asli, katanya sakiiiit banget dan hasilnya gak sampe ¼ nya dibanding pake Avent Harga yang elektriknya sama dengan Avent Manual, paling mahal 450rb an.. Misalnya, kalo pake Avent, kalo qta pompa setiap 3 jam, hasilnya bisa 250 – 300 ml, tapi kalo pake medela, Cuma 80 ml an gitu, sisanya gak keluar, dan rasanya masih bengkak gitu. (awalnya mompa Avent sih 100 ml selama 30 menit aja udah seneeeeng, banget, jangan khawatir, makin disiplin Boe- iboe mompa, makin banyak keluarnya, karena ASI ITU BERBANDING LURUS, jangan kaget kalo nanti tiba2 dalam waktu 10 menit aja mba dah bisa dapetin 200ml. Makin dihisap/ pompa, makin banyak, tapi kalo sebaliknya, lama2 payudara qta meringkel2, lama2 abis deh L

2. Management Pumpy, Penyimpanan, dan Pemberian ASI melalui botol susu (selagi qta bekerja)
Waktu : Minimal 4 kali pompa
POMPA 1 : Di rumah. Subuh, sekitar jam 4 an, bangun tidur, susuin dulu baby sampai dia ketiduran (supaya kalo boe - iboe lagi tengah2 mompa baby bangun, jadinya gak panic). Setelah itu pencet puting yang telah disusuin baby pake tangan, buang, terus pencet lagi, oleskan sekeliling putting – buat sterilisasi puting qta. Setelah itu mulai deh pompa Kanan Kiri dengan pompa yang udah disterilin sebelumnya. Setelah selesai, bagi sbb :
a. 70 -80 ml (kalo Zio minta nenen ASI botol dengan jarak 30 mins – 1 jam)
b. 140 – 150 ml (kalo Zio minta nenen ASI botol dengan jarak 1,5 – 2 jam)
Itu patokan aja ya, anakmu bisa kurang bisa lebih minumnya, nanti lama2 yang asuh baby kita juga ngerti kok pola nya, harus dipanasin yang berapa ml kalo baby nangis minta susu.

Konkritnya, misalnya boe – iboe mompa subuh dapetnya 140 ml, ya udah, bagi dua aja. Trus di plastikin (pake plastik es baru 2 kiloan gitu, diiket, ditempelin label tom n jerry, trus ditulis pake pulpen den dibungkus plstiknya – misalnya 4 Nov 2008 jam 4.30 wib (subuh). Trus taro Freezer, bisa awet sampe 3 bulan. Kalo dikulkas bawah sampe max 48 jam aja. Kalo di suhu ruangan (maksudnya gak dikulkas dan juga gak kena panas gitu, maksimal 2 jam deh). Abis mompa jangan lupa minum air anget buat RECHARGE, tapi kalo subuh mompanya, langsung aja bikin susu coklat mmmm yummmmy


POMPA 2 : Di kantor. Jam Makan Siang, abis makan dan sholat, sekitar jam 12.30 wib (tapi kalo kira2 boss mu jam 10 atau jam 11 ada meeting bisa juga tuh curi2 waktu hehehehe, gak dosa koq, yang penting kerjaan selesai,.

POMPA 3. Di kantor. After office hour (sekitar jam 17.10 an deh, atau kalo boss mu jam 4 ada meeting, langsung cabut aja mompa2, pinter2 curi waktu deh)

POMPA 4 : Dirumah. Setelah mandi, nyusuin baby dulu (itu pun kalo masih bangun nungguin mommy nya). Makan dulu, biar ada cadangan energi sambil nunggu pompa dicuciin dan disteril (jangan LUPA ajarin secara detail orang yang bantuin cuci pompa dan botol anak qta yah, supaya gak ada sabun yang tertinggal dsb, intinya bener2 bersih gitu nyucinya, buat menghindari diare). Setelah itu sekitar jam 9 an, mompa deh. Trus cuci lagi (emang disini lah beratnya perjuangan kasih ASI ekslusif, kayaknya waktu abis Cuma buat cuci botol dan pompa doang, udah ngantuk2 lagi hehehe).

O IYA, UNTUK SABTU, MINGGU, HARI LIBUR, ATAU HARI CUTI, USAHAKAN baby MINUM ASI langsung dari NENEN aja, kan mommy nya ada dirumah 24 jam, NAH SAAT ITU LAH SAAT2 ASI KITA DIDONGKRAK KARENA BANYAK DISEDOT ANAK QTA.

O IYA, SEBELUM MERES, WAJIB MINUM AIR PUTIH HANGAT MINIMAL 1 GELAS BEGITU JUGA 1 GELAS SETELAH MOMPA. Supply air harus banyak. Jangan khawatir, nyusuin itu diet alami, gak usah diet, kalo ibu masih ASi, gak sampe setahun berat badan dah kembali normal loh. TRUS SUSU 2x sehari wajib tuh,. Karena apa? Kalsium qta itu kan ikut diambil anak qta lewat ASI, nah kalo gak cukup supply kalsiumnya, walah, bisa osteoporosis. Asli, tiba2 gigi banyak yang bolong, badan pegel2, kejadian tuh sama adiknya temen kantor ku. Artinya Baby sehat, mommy juga harus sehat. Usahain makan sayur tiap hari, paling gampang ya Gado2 itu.

Investasi barang yang wajib aku beli + alasannya :

1. Sterilisasi PANASONIC (kurang lebih harga 530rb, ada di carefour atau toko baby di ITC ) bentuknya kaya tempat roti tawar, gede banget, bisa muat lebih dari 10 botol, bisa dipake bertahun2, bahkan sampe nanti anak ibu makan, piring dan sendok plastinya juga muat). Alasan : Praktis banget, habis cuci pompa dan botol gak usah rebus air, cukup ditaro, diputer aja tombolnya. 30 atau 60 menit. Steril deh, tinggal dipasang2in aja dot dan botol plus partisi2 pompanya. Lagi pula kalo direbus, botol dan pompanya jadi buram gitu, gampang rusak dot nya. O iya, kalo mau beli sikat botol yang bagus itu jangan yang PIGEON SIKAT ya karena lama2 botolnya kebaret, mendingan yang PIGEON BUSA aja, masih import, harganya gak beda jauh 30rb an koq.

2. Pompa Avent/ Philips MANUAL Rp 450rb (plus dapet 3 botol Avent). Catet ya, ada di bagian dalemnya kayak bentuk bunga kecil, karet warna putih, itu namanya white valve, Cuma boleh direbus pertama kali, setelah itu gak boleh kena air mendidih, karena kalo melar, berarti mesti beli pompa lagii, prinsipnya, setiap barang baru itu aku cuci besrih, trus aku rebus (HANYA PERTAMA KALI SAJA), setelah itu aku masukan sterilisasi dan untuk selanjutnya cukup dicuci trus disterilisasi pake alat Panasonic itu.

3. Cooler Box sekitar 250rb an + Blue Ice (ini kalo qta masukin kulkas dari pagi di kantor, sorenya dah beku, bermanfaat buat kita kalo bawa pulang ASI yang beku, akan tetap terjaga kebekuannya, maksimal 12 jam, mau naik ojek, naik bis, AMAAAAN. Bisa mendinginkan apa pun, makanan, minuman, susu, apa aja deh. Belinya di Ace Hardware bareng coller box, blue ice harga nya satunya 18.000 an beli dua aja).

4. Botol buat stock ASI. Botol Pigeon yang 120 ml aja. Satunya 23rb, beli aja 10 buah dulu, ntar kalo dah abis buat stok ASI, beli 10 lagi. Kalo aku sih total nyetok selama 1 bulan sebelum kerja itu sekitar 30 botol, yang ngeluarin uang 700rb an gitu deh buat botol, banyak amat? Emang kepake semua???? Ternyata, KEPAKE TUH hehehehe

5. Plastik es batu isi 100 lbr Rp 6.000 (yang ini mah bisa dibeli di warung, yang ukuran 2 kg, buat apa? Buat plastikin setiap botol yang qta simpen di kulkas. Untuk apa? Coz kulkas qta kan campur tuh, ada daging, ayam, selai, nanas, cabe giling, telor, wah macem2 deh. Nah fungsi plastic ini untuk menjaga agar ASi qta tuh gak kecampur bau2an benda2 tadi).

Buat ibu2 yang udah terlanjur susu formula MULAI STOCK ASI DEH UNTUK 1 BULAN KEDEPAN DARI MINGGU INI, jangan diminumin ya, simpen di Freezer, plastikin, di labelin. Let’s say bln dpn dah cukup stok, mulai deh GANTI susu formula dengan ASI yang ada di kulkas, mungkin awalnya baby akan jerit2 karena gak suka, tapi percaya deh, bayi itu masih bisa qta kondisikan untuk beradaptasi, kalo dia gak punya pilihan selain ASI untuk diminumnya, pasti dia akan minum


Tidak ada komentar:

Posting Komentar